Home » » Orang Tawadhu'

Orang Tawadhu'

Written By puterablog1malaysia on Monday | 8:59 PM





“ Bukanlah dinamakan Tawadhu’ itu, orang yang bila Tawadhu’ ia merasa bahwa dirinya berada di atas apa yang diperbuat, tetapi orang Tawadhu’ itu ialah orang yang bila berbuat sesuatu, ia merasa bahwa dirinya masih berada di bawah apa yang dilakukan .” (Al-Hikam_Ibn Atha'illah)

Orang Tawadhu’ sebenarnya ia tidak akan menyatakan dirinya
sebagai orang yang Tawadhu’, karena menyatakan Tawadhu’ itu, sesungguhnya merupakan sebuah kesombongan. Orang yang Tawadhu’ merasa bahwa dirinya adalah orang yang rendah dan hina, orang yang merasa dirinya tidak pantas menyandang kedudukan, apalagi sampai menonjol-nonjolkan dirinya di tengah-tengah masyarakat, kalau dirinya sebagai orang mulia yang harus di hormati.

Asy-Syibali ra. Berkata ;” Barangsiapa yang merasa dirinya berharga, sesungguhnya dia bukanlah orang yang Tawadhu’ kepada Allah, hingga ia mengetahui kedudukan dirinya sebagai seorang hamba yang hina dan fakir di hadapan Allah Subhanallahu wa ta’ala.

Abu Yazid berkata ;” Selama orang itu merasa ada orang yang lebih jahat dari dirinya, maka ia adalah orang yang sombong.” Dan ketika ditanya :” Bilakah seorang itu bertawadhu’?” Jawabnya:” Jika ia tidak merasa memiliki kedudukan atau kemuliaan, tidak pula merasa tawadhu’. Seorang itu menurut kadar ma’rifatnya terhadap Tuhan dan pengetahuannnya terhadap dirinya sendiri.” Muhammad Bin Muqatil ketika di minta doa oleh orang-orang, ia menangis sambil berkata;” Semoga bukan sayalah yang menyebabkan anda menderita dan mendapatkan bencana ini.”

Dan di antara tanda bahwa seseorang itu benar-benar Tawadhu’ jika ia tidak marah ketika di hina atau di cela, tidak pula di tuduh melakukan dosa besar. Ia tidak ambisius untuk mendapatkan kedudukan dan jabatan di tengah-tengah kehidupan masyarakat, ia merasa tidak mendapatkan tempat di hati mereka. Yang terpenting bagi dirinya adalah berlaku jujur, memperbaiki diri dan di hatinya merasa rendah dan tidak pantas menyandang jabatan dan kedudukan.


0 Rakyat Bersuara:

Post a Comment

Recommend on Google